PELAPORAN DAN SHARING BEST PRACTICE SMK MUHAMMADIYAH CIMANGGU PUSAT KEUNGGULAN

09/12/2021 | Pendidikan

 

SMK Muhammadiyah Cimanggu  pada Kamis, 9 Desember 2021 melaksanakan kegiatan pelaporan dan sharing terkait metode PJBL ( Pembelajaran Project Based Learning) dan PBL ( Probelm Based Learning) sebagai tindak lanjut workshop  di QUEEN GARDEN Baturraden Purwokerto, Banyumas dengan tema Ekosistem Gerakan Sekolah Menyenangkan yang menitikberatkan pada pembelajaran yang menghasilkan produk dan menyenangkan. Pada pembelajaran ini guru dituntut untuk dapat mendokumentasikan  proses dan hasil pembelajaran praktik sebagai bentuk pelaporan dan sharing . Dengan pelaporan dan sharing diharapkan guru dapat meningkatkan keterampilan dalam mendokumentasikan kegiatan pascaevaluasi .  

Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Hj.Dra.Susi Widayati,M.M.Pd. intsruktur Best Practice dari Pendidikan Dasar dan Menengah Kabupaten Cilacap. Dihadiri pula oleh Tantiyo Aji Pamungkas dan Indra Kurniawan tim mitra IDUKA CV Mulya Mediatama Advertising Majenang  

Pada kegiatan ini, Tantiyo Aji Pamungkas, marketing VC Mulya Mediatama Advertising Majenang menyampaikan bahwa "Bentuk kerja sama ( Link And Match ) antara SMK dengan IDUKA yang harus terus dipupuk dan dikermbangkan antara lain adalah Kurikulum sekolah disusun bersama industri, pembelajaran berbasis produk,peran guru instruktur,PKL, Teaching factory, sertifikasi kompetensi, dan keterserapan lulusan oleh IDUKA. Guru harus melaporkan secara sistematis apa yang telah dilaksanakan dalam pembelajaran praktik yang berorientasi pada produk, yang merupakan hasil  penyeselarasan Kompetensi Dasar  antar mata pelajaran".   

Hj.Dra.Susi Widayati instruktur Best Practise mengatakan "Rendahnya literasi guru baik membaca dan menulis karya yang berkaitan dengan pendidikan kususnya riset-riset untuk peningkatan pembelajaran, menjadi motivasi utama peningkatan kemampuan  menulis kegiatan pembelajaran. Mendokumentasikan kegiatan kususnya pembelajaran yang berorientasi produk perlu ditingkatkan . Hal ini bertujuan agar guru semakin terampil menulis secara sistematis kususnya proses dan hasil pembelajaran berbasis produk. Dengan demikian, pembelajaran praktik semakin baik , semakin efektif, dan semakin berkualitas ".